UNBAJA

Lets share our knowledge

By

Re- Keaktifan 9 – Faizd ( IOT )

Assamualaikum Wr.Wb

Sehubungan tugas yang diberikan yaitu pada mata kuliah Jaringan Komputer .saya akan sedikit mengulas kembali pembahasan materi  Mengenai IOT ( Internet Of Things ) yang diberikan oleh bapak Yusuf Romdoni S.Kom. M.T. Pada saat itu saya tidak bisa mengikuti Materi tersebut dikarenakan saya terkendala koneksi internet yang berlangsung pada 7 Desember 2017

 

Apa sih IOT / Internet Of Things, dalam bahasa indonesia berarti Internet segalanya, adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas pemanfaatan dari konesi internet,  bukan hanya sekedar untuk bermain game online, download , upload . tapi pemanfaatan yang lebih berfaedah lagi.  seperti memanfaatkan koneksi internet untuk menjadi remote control Ac jarak jauh, memberikan kemudahana untuk memesan barang dan hal lainnya.

 

Internet of things di perkenalkan oleh kevin ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto – ID center. IOT paling erat di kaitkan dengan komunikasi M2M atau Machine to machine  dalam hal bidang manufakturing dan kelistrikan , perminyakan dan gas. Produk yang di kembangkan dengan kemampuan M2M sering di sebut sebagai Sistem cerdas ” SMART ”  seperti Smart cable , smart Grid dan smart sensor 

Penelitian pada IoT masih dalam tahap perkembangan. Oleh karena itu, tidak ada definisi dari Internet of Things. Berikut adalah beberapa definisi alternatif dikemukakan untuk memahami Internet of Things (IoT), antara lain (id.wikipedia.org):

Menurut Ashton pada tahun 2009 definisi awal IoT adalah Internet of Things memiliki potensi untuk mengubah dunia seperti pernah dilakukan oleh Internet, bahkan mungkin lebih baik. Pernyataan tersebut diambil dari artikel sebagai berikut:

“Hari ini komputer dan manusia, hampir sepenuhnya tergantung pada Internet untuk segala informasi yang semua terdiri dari sekitar 50 petabyte (satu petabyte adalah 1.024 terabyte) data yang tersedia pada Internet dan pertama kali digagas dan diciptakan oleh manusia. Dari mulai magnetik, menakan tombol rekam, mengambil gambar digital atau memadai kode bar.

Diagram konvensional dari Internet meninggalkan router menjadi bagian terpenting dari semuanya. Masalahanya adalah orang memiliki waktu, perhatian dan akurasi terbatas. Mereka semua berarti tidak sangat baik dalam menangkap berbagai data tentang hal di dunia nyata.

Dari segi fisik dan begitu juga lingkungan kita. Gagasan dan informai begitu penting, tetapi banyak lagi hal yang pernting. Namun teknologi informasi saat ini sangat tergantung pada data yang berasal dari orang-orang sehingga komputer kita tahu lebih banyak tentang semua ide dari hal-hal tersebut”

Menurut Casagras (Coordinator and support action for global RFID-related activities and standadisation) mendefinisikan IoT sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur terdiri dari jaringan yang telah ada dan internet berikut pengembangan jaringannya. Semua ini akan menawarkan identifikasi obyek, sensor dan kemampuan koneksi sebagai dasar untuk pengembangan layanan dan aplikasi ko-operatif yang independen. Ia juga ditandai dengan tingkat otonom data capture yang tinggi, event transfer, konektivitas jaringan dan interoperabilitas.

inti dari ini sebuah adalah bagaimana manusia dapat memanfaatkan internet menjadi lebih manfaat.

di era saat ini internet memang sudah menjadi ibarat makanan sehari hari masyarakat. internet segalanya , dari mulai memesan makanan, berbelanja online, kirim uang, dan lainnya.

salah satu pemanfaatan internet ialah Banking Online saat ini tidak perlu repot repot untuk transfer uang. jika dahulu harus ke bank atau ke gerai Atm, sekarang tinggal transfer via online bahkan bisa lebih mudah karena sudah bisa dilakukan via Smartphone.

 

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai materi Internet Of things.

Terima kasih

Wassalamualaikum wr,wb

 

By

Re-Jaringan Komputer – Dina Nur Baetti (Keaktifan 3)

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai teman-teman semua…

Bertemu lagi bersama saya Dina Nur Baetti dari Fakultas Ilmu Komputer pada jurusan Manajemen Informatika Semester 3 (ganjil) di Universitas Banten Jaya. Disini saya akan menjelaskan mengenai Jaringan Komputer.

 

Sebelumnya ada yang sudah tahu belum Jaringan Komputer itu apa??

A. Pengertian dari Jaringan Komputer

Yang dimaksud dengan Jaringan Komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, yang dapat melakukan akses secara bersama-sama terhadap resources (aplikasi program, data, dll) yang tersedia.

B. Macam-Macam Jaringan Komputer

  • Loca Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
  • Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
  • Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
  • Intranet & Internet

Internet : Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan ‘inter-network’) ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Intranet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Intranet juga dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang secara khusus disediakan untuk digunakan pada batasan suatu organisasi tertentu, for examples : warnet, kantor, labkom.

C. Mengapa dibentuk jaringan komputer?

  • Resource Sharing, pengguna yang berbeda, bahkan yang berada di tempat yang berjauhan, dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama sama. Contoh : Seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  • Kehandalan tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Contoh : Misalnya, semua file dapat disimpan atau dikopi ke dua, tiga atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
  • Menghemat uang, Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer besar. Contoh : Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer komputer pribadi.

D. Keuntungan dan Kerugian Jaringan Komputer

a. Keuntungan Jaringan Komputer

  • Akses terhadap informasi yang up to date
  • Komunikasi yang lebih cepat, efektif, dan efisien
  • Sharing terhadap sumber daya yang tersedia

b. Kerugian Jaringan Komputer

 

E. Evolusi Jaringan Komputer

a. Mainframe Pada era 1960-1970 an

b. LAN (Local Area Network) Pada era 1970-1980  an

c. WAN (Wide Area Network) Pada era 1980-1990 an

d. Internet pada 1990 an

F. Bagaimana Komputer Bisa Saling Berhubungan?

  a. Perangkat Keras Jaringan

  • Network Interface Card

                    Periferal yang digunakan komputer untuk berkomunikasi dalam jaringan

Berdasarkan tipe bus, ada beberapa jenis NIC

  1. ISA : Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun 1992.
  2. EISA : Bus EISA (Extended/Enhanced Industry Standard Architecture) adalah sebuah bus I/O yang diperkenalkan pada September 1988 sebagai respons dari peluncuran bus MCA oleh IBM, mengingat IBM hendak “memonopoli” bus MCA dengan mengharuskan pihak lain membayar royalti untuk mendapatkan lisensi MCA. Standar ini dikembangkan oleh beberapa vendor IBM PC Compatible, selain IBM, meskipun yang banyak menyumbang adalah Compaq Computer Corporation. Compaq jugalah yang membentuk EISA Committee, sebuah organisasi nonprofit yang didesain secara spesifik untuk mengatur pengembangan bus EISA. Selain Compaq, ada beberapa perusahaan lain yang mengembangkan EISA yang jika diurutkan, maka kumpulan perusahaan dapat disebut sebagai WATCHZONE:
  3. MCA : Bus MCA (Micro Channel Architecture) adalah sebuah bus I/O ber-bandwidth 32-bit yang digunakan dalam beberapa komputer mikro. Bus ini dibuat oleh IBM yang ditujukan untuk menggantikan bus ISA 8-bit/16-bit yang lambat, selain tentunya untuk menghadapi masalah bottleneck yang terjadi akibat kecepatan prosesor yang semakin tinggi tapi tidak diimbangi dengan kecepatan bus I/O. Komputer yang menggunakan bus ini pun hanya sedikit, mengingat memang IBM mewajibkan para vendor untuk membayar royalti kepada iBM untuk mendapatkan lisensi bus MCA. Karena hal ini banyak vendor yang kurang setuju dengan IBM membuat “partai oposisi”, dengan membuat bus EISA.
  4. PCI : PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.

NIC berdasarkan tipe BUS :

  • Hub/Switch sebagai consentrator & repeater

Switch/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap-tiap node. Switch/Hub mempunyai banyak slot konsentrator yang dapat dipasang menurut nomor port dari node yang dituju. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45

                                    Skema switch dan node yang terhubung

  • Router untuk menyeberangkan paket data ke jaringan yang berbeda atau  sebagai pengatur lalu lintas data antar jaringan.

Menyediakan layanan komunikasi antar jaringan (LAN-LAN atau LAN-WAN)

Router juga berfungsi sebagai penguat sinyal (repeater), karena pada jarak tertentu sinyal pada kabel akan                  melemah akibat impedansi dan propagasi kabel.

                 Router

NAT : Network Address Translation atau yang lebih biasa disebut dengan NAT adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.

  • Server adalah jantung Jaringan. Merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori besar, hardisk berkapasitas besar, dengan kartu jaringan kecepatan tinggi. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk di dalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.
  • Kabel

Ada beberapa tipe pengkabelan jaringan, yaitu:

  1. Twisted Pair Ethernet

Tipe ini ada dua jenis, yaitu:

  • Unshielded Twisted Pair (UTP)
  • Shielded Twisted Pair (STP)

Konektor yang digunakan adalah RG-11 atau RG-45. Kabel tipe ini memiliki kehandalan dan kecepatan lebih baik dari kabel thin-coax (pada pada thin ethernet).

2. Fiber Optics

Tipe ini mahal dan sulit instalasinya tetapi kehandalan dan kecepatan transmisinya tidak diragukan lagi. Normalnya, kecepatan transmisi lebih dari 100M dan bebas dari pengaruh lingkungan.

  b. Perangkat Lunak Jaringan

  • Sistem Operasi Jaringan

Adalah sistem operasi yang bertugas mengatur protokol komunikasi dan informasi antar node dalam suatu jaringan.

Berbagi layanan aplikasi-aplikasi, data dan sumber daya untuk node-node yang terhubung dalam jaringan.

Ada dua tipe NOS

  • Client-Server
  • Peer to Peer

Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.

Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:

 

Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris

  • Network Interface Driver

Antarmuka yang menjembatani antara sistem operasi jaringan dengan perangkat keras jaringan sehingga dapat berfungsi secara ideal.

  • Protokol
  1. Metode Pengiriman Data

Pengiriman data dalam jaringan menggunakan metode CSMA/CD atau Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection. Suatu node (A) yang akan mengirimkan data akan memeriksa dahulu kondisi jalur data. Bila jalur kosong maka node tersebut akan mengirimkan datanya. Namun bila node lain (B) sedang menggunakan jalur data maka node (A) akan menunggu dan akan mencoba kembali.

Dalam protokol akses ini memungkinkan pada suatu saat terjadi beberapa node mengirimkan datanya secara bersamaan sehingga mengakibatkan collision atau tabrakan. Dalam kondisi demikian node-node tersebut akan batal mengirimkan data dan akan mencobanya kembali bila jalur tidak sibuk.

   2. Pengertian Protokol

Protokol adalah sistem yang bertugas menterjemahkan “bahasa-bahasa” yang dipakai antar node untuk berkomunikasi dalam jaringan. Yang umum dipakai adalah TCP/IP, sebenarnya adalah kumpulan beberapa protokol, misalnya: TCP, IP, SMTP, POP3

contoh protokol-protokol yang disertakan dalam TCP/IP

SMTP=Simple Mail Transfer Protocol

POP3=Post Office Protocol 3

UDP=User Datagram Protocol

ICMP=Internet Control Message Protocol

            3. Pengantar TCP/IP

               TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah protokol jaringan dengan teknologi “packet Switching“. Dikembangkan dalam proyek DARPA (development of Defense Advanced Research Project Agency), dikenal dengan nama ARPANET.

Packet Switching = TCP/IP melakukan transmisi data per segmen, artinya paket data dipecah dalam jumlah yang sesuai dengan besaran paket, kemudian dikirim melalui jaringan satu persatu hingga selesai. Setiap paket data memiliki Header yang berisi informasi sumber dan tujuan paket, nomor bagian paket yang diperlukan saat menyusun paket menjadi data utuh kembali, blok data yang memuat urutan paket dan kode cek kesalahan. Setiap paket data bisa saja dikirim melalui jalur yang berbeda ke tujuannya.

 

 4. Implementasi TCP/IP

Model protokol TCP disebut sebagai connection oriented protocol.

Untuk Berkomunikasi, TCP menggunakan port.

Port merupakan pintu masuk datagram dan paket data. Port data dibuat mulai dari 0 sampai dengan 65.536.

a. Port-Port TCP/IP

Port 0 sampai dengan 1024 disediakan untuk layanan standar, seperti FTP, TELNET, Mail, Web dan lainnya. Port ini lebih dikenal dengan nama well known port.

Contoh port yang umum dipakai :

 

FTP : FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah protokol Internet yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antara mesin-mesin yang menjalankan sistem yang sangat berbeda. Karena berfungsi sebagai file sharing maka kita dapat mendownload dan mengupload file yang kita inginkan. Seperti halnya browsing, FTP juga memiliki alamat. Alamat yang digunakan untuk browsing dapat diawali dengan HTTP misalnya http://id.wikipedia.org sedangkan FTP diawali dengan ftp misalnya ftp://globalscape.com

Telnet : TELNET adalah singkatan dari TELetype NETwork adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

SMTP : SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

HTTP : HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan grup bekerja Internet Engineering Task Force (IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1,1, versti HTTP yang digunakan umum sekarang ini.

POP3 : POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.

Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.

Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

         

         5. Internet Protokol

             Internet Protocol menggunakan IP-address sebagai identitas. Pengiriman data akan dibungkus dalam paket dengan label berupa IP-address pengirim dan IP-address penerima.

IP address terbagi dua ( 2 ) bagian, yaitu:

  1. Network ID ( identitas Jaringan )
  2. HOST ID ( Identitas Komputer )

 

Penulisan IP address terbagi atas 4 angka, yang masing-masing mempunyai    nilai maksimum 255 (maksimum dari 8 bit)

IP Address : xxx . xxx . xxx . xxx

Pengalokasian IP address pada dasarnya ialah proses memilih network Id dan host ID yang tepat untuk suatu jaringan. Tepat atau tidaknya konfigurasi ini tergantung dari tujuan yang hendak dicapai, yaitu mengalokasikan IP address seefisien mungkin.

IP Address dirancang dalam beberapa CLASS yang didefinisikan sebagai berikut :

  • Class A :

Network id Host Id ( 24 bit )

0xxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx

  • Class B :

Network Id Host Id ( 16 bit )

10xx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx

  • Class C :

Network Id Host Id ( 8 bit )

110x xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx xxxx

 

        6. Perbandingan Model OSI dengan Implementasi TCP/IP

       7. Enkapsulasi dan layering pada TCP/IP

      8. Layer Aplikasi

Aplikasi yang digunakan user seperti telnet, FTP, SSH

G. Topologi Jaringan

Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan.

Topologi jaringan yang umum dipakai adalah: Bus, Cincin (Ring), Bintang (Star), dan Pohon (Tree).

  1. Topologi Jaringan BUS
    • Topologi linear bus banyak dipergunakan pada tipe pengkabelan thin-coax. Sederhana, kabel coaxial dengan penutup 50 ohm
    • Salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan
    • Kemungkinan collision lebih besar
    • Kabel coaxial lebih sulit dibentuk

                Kerugian dan Keuntungan

    1. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
    2. Kepadatan lalu lintas data besar

        2. Topologi Jaringan Ring (Cincin)

  • Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama.  Jaringan akan disebut sebagai loop. Lingkaran tertutup yang berisi node-node
  • Salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan
  • Aliran 1 arah, kemungkinan collision kecil
  • Implementasi dengan concentrator terlihat seperti topologi star

         3. Topologi Jaringan Bintang

  • salah satu node dibuat sebagai sentral. Ekonomis dan mudah dalam implementasi. Beban node sentral amat besar. Setiap node berkomunikasi langsung dengan central node,
  • Salah satu segment putus tidak mengganggu seluruh jaringan
  • Biasanya digunakan kabel UTP

        4. Topologi Jaringan Tree

Topologi ini merupakan kombinasi dari topologi yang ada.

            Backbone memanfaatkan linear bus topology.

            Client atau node memanfaatkan star topology.

H. Karakteristik LAN

  1. Keterbatasan area/lokasi geografi
  2. Transfer data kecepatan tinggi
  3. Koneksi terus-menerus ke servis lokal
  4. Umumnya digunakan media kabel

I. Routing

Routing adalah Mekanisme penentuan rute tercepat ke host tujuan yang  berbeda jaringan

   Jenis-jenis routing dilihat dari cara update tabel routingnya

            a. Routing Static

  • Dengan memasukkan tabel routing secara manual
  • Di jaringan yang stabil (1 jaringan down ->seluruh jaringan yang melewati jaringan tersebut down)
  • Di jaringan kecil (2 , 3 jaringan)

            b. Routing dinamic

  • Dengan menggunakan routing protocol tabel routing otomatis terbentuk dan terupadate otomatis
  • Digunakan pada jaringan besar
  • Dapat digunakan pada jaringan yang tidak stabil 

 

            c. Routing Protocol

  • Bertujuan mencari rute tersingkat
  • Terbagi menjadi 2:
    • Interior Routing Protocol (Seperti RIP dan OSPF)
    • Exterior Routing Protocol (seperti EGP dab BGP)

J. DNS

 

  • Domain Name System : Memetakan nama domain menjadi IP address. Contoh www.detik.com dengan IP 202.158.66.28)
  • Struktur domain

 

  • Jenis-jenis DNS server
  1. RESOLVER : 

komputer hanya membangkitkan query informasi domain name kepada sebuah DNS server dan tidak menjalankan fungsi DNS server

          2. CACHE ONLY

Mempelajari jawaban-jawaban query yang diberikan oleh remote DNS server dan menyimpannya dalam memory.

         3. PRIMARY

Menjalankan fungsi name server berdasarkan database yang dimilikinya , Server ini menjadi authoritative Source bagi domain tertentu.

        4. SECONDARY

            Mengambil dari primary Server ini menjadi authoritative Source bagi domain tersebut

 

  • Dimana mendaftarkan domain?
    • TLD (Top Level Domain) seperti .com, .org, .net di:
      • Network Solutions Inc. ( http://www.nsi.com/)
      • GKG Inc. ( http://www.gkg.net/)
      • Register Inc. ( http://www.register.com/)
      • Dll
    • Domain berakhiran .id

                                 di http://www.depkominfo.go.id

 

K. Proxy Server

Proxy Server

  1. Web cache à akses lebih cepat
  2. Filtering di level aplikasi

     Konsep parent-sibling, proxy server disusun bertingkat seperti DNS

  1. Parent akan langsung mengambil ke website yang diminta apapun kondisinya
  2. Sibling digunakan untuk proxy “cadangan”

     Proxy dengan Parent & dengan Sibling

  1. Untuk jaringan besar
  2. Kerja Parent sangat berat

 

         Proxy tanpa Parent & dengan Sibling

  • Jaringan tidak besar
  • Bandwidth ke sibling harus besar

        Proxy tanpa Parent & tanpa Sibling

  • Banyak digunakan di ISP, warnet
  • Konfigurasi paling sederhana

 

       Konfigurasi proxy client, contoh pada IE

 

Oke mungkin itu saja penjelasan dari saya kurang lebihnya mohon maaf bila masih ada kata-kata dan penulisan yang kurang baik saya disini juga masih dalam pembelajaran.

 

Sekian dari saya sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

 

By

Re-IOT ( Internet Of Things )– Dina Nur Baetti

Assamualaikum Wr.Wb

Sehubungan dengan adanya mata kuliah Jaringan Komputer (Jarkom) untuk membuat sesuatu hal keinginan apa saja yang kita inginkan mengenai adanya IOT (Internet Of Things)

Sebelumnya Perkenalkan nama saya Dina Nur Baetti Fakultas Ilmu Komputer dari jurusan Manajemen Informatika Semester 3 (ganjil) di Universitas Banten Jaya.

 

Oke langsung saja….??

 

Jika saya menjadi seorang makers saya ingin membuat suatu barang yang berguna untuk keperluan rumah tangga yaitu saya ingin menciptakan Kulkas Otomatis. Kulkas ini selain berguna untuk kebutuhan penyimpanan air dan sayuran, kulkas ini juga memiliki kelebihan tersendiri yaitu pintu utama pada kulkas tersebut memiliki layar touchscreen yang berguna untuk memudahkan kita jika kita belum begitu mahir dalam memasak. Di dalamnya kita bisa melihat berbagai jenis bahan resep masakan yang kita inginkan, jadi kita tidak perlu repot membawa buku resep masakan.


Mungkin itu saja informasi dari saya mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih kepada semua yang telah membantu saya.

Terima kasih dan Sampai jumpa

 

By

Re- Keaktifan 4 – Faizd Achmad Fauzi

Assalamualaikum Wr Wb.

Perkenalkan saya Faizd achmad fauzi dari Fakultas ilmu komputer jurusan Manajemen informatika.  Sehubungan tugas yang diberikan yaitu pada mata kuliah Jaringan Komputer .saya akan sedikit mengulas kembali pembahasan materi  Mengenai Pengkelompokan Ip Address yang diberikan oleh bapak Yusuf Romdoni S.Kom. M.T. Pada saat itu saya tidak bisa mengikuti Materi tersebut dikarenakan saya belum memiliki akses sebagai author di IME yang berlangsung pada 10 oktober 2017

Oke langsung saja.

 

IP address merupakan singkatan dari Internet Protokol (IP) Address atau dalam Bahasa Indonesia berarti alamat internet protokol. Seperti halnya suatu alamat rumah, IP address merupakan suatu cara untuk mengetahui asal atau alamat suatu komputer berupa sistem penomoran masing-masing komputer yang bersifat unik atau tidak sama. Sistem penomoran itu sendiri terdiri dari empat bagian yang dipisahkan oleh titik contoh : 202.155.245.2

IP Address memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID, Contohnya 192.168.100.1, Secara default net ID nya adalah 192.168.100 dan Host ID nya adalah 1 , supaya komputer dapat saling terhubung, ip yang digunakan Net ID nya Harus sama, namun untuk Host ID nya harus berbeda.

 

IP address terdiri dari bilangan biner 32 bit yang dipisahkan oleh tanda titik setiap 8 bitnya. Tiap 8 bit ini disebut sebagai oktet. Bentuk IP address dapat dituliskan sebagai berikut xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx Jadi IP address ini mempunyai range dari 00000000.00000000.00000000.00000000 sampai 11111111.11111111.11111111.11111111. Notasi IP address dengan bilangan biner seperti ini susah untuk digunakan, sehingga sering ditulis dalam 4 bilangan desimal yang masing-masing dipisahkan oleh 4 buah titik yang lebih dikenal dengan “notasi desimal bertitik”.

 

Pengkelompokan IP Address

KELAS A , pada kelas A 8 bit pertama adalah network Id, dan 24 bit selanjutnya adalah host Id,kelas A meiliki network Id dari 0 sampai 127.

KELAS B , pada kelas B 16 bit pertama adalah network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah host Id, kelas B memiliki network id dari 128 sampai 191

KELAS C, pada kelas C 24 bit pertama adalah network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah host Id, kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223

KELAS D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255

KELAS E,  memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.

 

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai materi Pengkelompokan Ip Address.

Terima kasih

Wassalamualaikum wr,wb

 

 

 

By

Re-IP Address dan Pengelompokkan IP Address

Selamat siang semuanya, bertemu lagi bersama saya Dina Nur Baetti prodi Manajemen Informatika Semester 3 Mahasiswa Universitas Banten Jaya. Baik disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai IP Address dan pengelompokkannya.

Sebelumnya apakah kalian tahu apa itu IP Address ? jika ada yang belum mengetahuinya saya akan menjelaskan sedikit apa itu IP Address.

 

Apa itu IP Address?

IP Address adalah sebuah deretan angkat biner mulai dari 32 bit – 128 bit yang dipakai untuk pengidentifikasian tiap perangkat hostname (komputer/laptop) dalam jaringan internet. Jenis ip address IPv4 atau dikenal dengan internet protocol version 4 menggunakan deretan angka 32 bit, sedangkan jenis ip adress IPv6 atau internet protocol version 6 menggunakan deret angka 128 bit.

Alamat IP address tiap hostname ini berbentuk unik, dan tiap perangkat memiliki ip address yang berbeda-beda. Jadi, jika anda memiliki 2 buah laptop, maka kedua buah laptop itu memiliki ip address sendiri-sendiri. Bisa dibilang punya nama sendiri-sendiri.

Pembagian Kelas IP Address

Berdasarkan tabel di atas, pembagian kelas ip address dapat kita lihat dengan seksama yakni :

Kelas A

Kelas IP address tipe A ini terdiri dari 8 bit digunakan untuk network ID dan 24 bit untuk host ID. Oktet pertama mulai dari angka 1-126, bit pertama 0 (nol), dan jumlah network 126 serta jumlah ip address 16juta lebih.

Kelas B

Kelas IP address tipe B ini terdiri dari 16 bit untuk network ID dan 16 bit untuk host ID. Oktet pertama mulai dari angka 128-191, 2 bit pertama 10, jumlah network 16ribuan lebih dan jumlah ip address 65ribuan lebih.

Kelas C

Kelas IP address tipe C terdiri dari 24 bit untuk network ID dan 8 bit untuk host ID. Untuk 3 bit pertama adalah 110, oktet pertama 192-223, jumlah network 2jutaan lebih dan jumlah ip address 254.

Kelas D

Kelas IP address tipe D ini tidak mengenal network ID atau host ID karena memiliki sistem multicasting. Untuk bit pertama adalah 1110, oktet pertama 224-239, bit cadangan 18 bit sedangkan bit-bit lainnya bisa diatur sesuai keperluan multicast pada grupnya.

Kelas E

Kelas IP address tipe D ini tidak mengenal network ID atau host ID karena memiliki sistem multicasting. Untuk bit pertama adalah 11110, oktet pertama 240-255, pada kelas E ini biasanya digunakan sebagai ruang alamat cadangan untuk percobaan/eksperimental.

 

Demikian ulasan jaringan komputer mengenai pengertian ip address, dan kelas kelasnya. Dengan ini semoga pemahaman yang didapatkan bisa lebih mendalam mengenai jaringan komputer.

Terima kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb

 

 

 

 

 

By

Re- Pengalaman Masuk ilearning di Unbaja

Assalamualaikum Wr.Wb

Perkenalkan nama saya Dina Nur Baetti Fakultas Ilmu Komputer dari jurusan Manajemen Informatika Semester 3 (ganjil) di Universitas Banten Jaya. Sehubungan tugas yang diberikan yaitu pada mata kuliah Jaringan Komputer .saya akan sedikit mengulas kembali pembahasan materi Mengenai Perkembangan Jaringan komputer yang diberikan oleh bapak Yusuf Romdoni S.Kom. M.T selaku dosen pembimbing. Pada saat itu saya tidak bisa mengikuti Materi offsite class yang berlangsung pada tanggal 3 oktober 2017 dikarenakan saya terlambat mendaftarkan diri ke Idu raharja.

baiklah langsung saja ke pembahasan yang akan kita bahas.

Di semester ini kita mendapatkan mata kuliah Jaringan Komputer (JARKOM) dengan pembimbing yang akan mengajarkan kita yang bernama M. Yusuf Romdoni S.Kom. M.Ti beliau adalah seorang dosen yang akan membimbing/pengajarkan kita selama 1 semester kedepan. Beliau jugalah yang memberikan kita tugas untuk membuat iLearning. dalam mata kuliah kami. Pertemuan pertama saat masuk membelajaran beliau menjelaskan secara rinci bagaimana cara-cara yang harus dilakukan agar kita dapat masuk ke dalam iLearning. dan sejujurnya bagi saya proses pembuatannya sangat rumit karena ini baru pertama kalinya saya diajarkan mengenai iLearning.

Setelah Bapak Yusuf Romdoni selesai menjelaskan langkah-langkahnya, barulah saatnya kita mencoba untuk mempraktekannya karena beliau menugaskan kita bagaimana cara membuatnya. Hal pertama yang harus kita lakukan ialah mengunjungi situs eco.ilearning.me dan mengisi data-data di Request Email Rinfo.

 

 

Untuk masuk bisa masuk ke dalam iLearning tidaklah mudah tidak cukup hanya sehari. Disini setelah kita mengisi data-data yang diminta, kita perlu menunggu 2 x 24 Jam untuk mendapatkan balasan berupa Email, password dan code verifikasi. Setelah mendapatkan notification berupa email dan password iLearning.

Setelah kita mendapatkan email dan password iLearning, kita langsung diminta untuk memverifikasi dan memasukkan nomor telepon untuk menjaga keamanan. Password yang diberikan bias kita ubah sesuai yang kita inginkan. Verifikasi dilakukan 2 kali, jika kita hanya melakukan 1 kali ketika kita akan login kembali kita akan diperingatkan kembali untuk melalui 2 tahap verifikasi.

Gambar Verifikasi ilearning

Setelah mengalami beberapa tahapan yang dikerjakan. Akhirnya saya bisa masuk ke ilearning dan bisa menggunakannya. Ini adalah bukti yang sudah saya buat di ilearning :

 

 

Jadi kesimpulan yang saya dapatkan dari ilearning ini adalah kita bisa melakukan pembelajaran bersama-sama dengan teman dan juga dengan adanya ilearning kita juga tidak bosan karena proses pembelajaran yang diajarkan tidak monoton jadi kita tidak jenuh selama belajar. Karena hampir disetiap kampus selalu yang dibahas tentang materi bukan praktek. Dengan adanya praktek kita jadi tahu dunia luar, bisa bertatap muka, saling share satu sama lain dan tentunya sangat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan sampai di sia-siakan dengan adanya kesempatan ini, dan semoga dengan adanya pembelajaran seperti ini kita menjadi semangat dalam belajar.

Sebelumnya saya sangat berterima kasih kepada Bapak Yusuf Romdoni selaku dosen pembimbing pada mata kuliah ini dan saya juga berterima kasih kepada teman-teman semua atas kerjasama dan dukungannya untuk membantu proses dalam pembelajaran JARKOM ini.

Demikian cermi dari saya, mohon maaf bila masih ada kekurangannya akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

 

By

Re-SKUP-Dina Nur Baetti

Assamualaikum Wr.Wb

Sebelumnya Perkenalkan Nama Saya Dina Nur Baetti biasa dipanggil Dina. Saya lahir di Serang, tanggal 02 Agustus 1997. Pada tahun ini usia saya akan menginjak 21 tahun dimana usia tersebut termasuk usia yang cukup matang bagi saya karena saya sudah semakin dewasa. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara dan sampai sekarang saya tinggal bersama dengan kedua orang tua, dan adik. Sedangkan kakak saya melanjutkan kuliah sambil bekerja di Bandung dan disana kakak saya tinggal bersama saudaranya. Saya dan keluarga dulu sempat tinggal di kompleks Perumahan RSS Pemda di Cipocok Jaya tetapi pada tahun 2013 lalu akhirnya saya berpindah tempat tinggal dan sekarang menetap di daerah Lingk. Tembong Kel. Tembong kec. Cipocok Jaya Kota Serang.

Ketika saya berumur 7 tahun, saya memulai pendidikan di SDN Cipocok Jaya 1, kemudian setelah LULUS di tahun 2009. Saya melanjutkan sekolah di SMPN 10 Kota Serang. Setelah LULUS dari sekolah tersebut di tahun 2012. kemudian saya melanjutkan lagi ke sekolah di SMAN 5 Kota Serang setelah LULUS di tahun 2015.

 Foto Gedung SMAN 5 Kota Serang

Saya melanjutkan studi saya kejenjang yang lebih tinggi yaitu ke salah satu perguruan tinggi swasta di Serang. Sebenarnya saya termasuk anak konversi (Pindahan) di UNIVERSITAS BANTEN JAYA (UNBAJA) karena dikampus sebelumnya saya adalah Mahasiswi dari POLITEKNIK PIKSI INPUT SERANG. Karena ada berbagai masalah dikampus tersebut akhirnya saya memutuskan untuk pindah di UNBAJA. Dan Alhamdulillah selama saya berkuliah teman-teman di sini orang nya baik dan menyenangkan.

Disini saya memutuskan untuk mengambil Fakultas Ilmu Komputer karena memang sebelumnya saya mengambil kembali jurusan tersebut yaitu Manajemen Informatika (MI) jenjang D3. Karena menurut saya jurusan kompuer seperti sekarang ini sangat diperlukan kapanpun dan dimanapun, kalau boleh jujur sebelumnya saya ingin mengambil jurusan sastra jepang/korea tetapi saya jadi keingat perkataan kakak “Ambil saja komputer karena suatu saat akan banyak dibutuhkan orang-orang jika kita pintar menggunakan komputer dengan baik”. dan akhirnya saya memutuskan untuk mengambil jurusan tersebut. Awalnya memang sulit bagi saya menggunakan komputer tapi lama-kelamaan jadi terbiasa.

Foto Gedung UNBAJA

Berikut ini adalah daftar Assignment Jaringan Komputer dan Komunikasi

yang dibimbing oleh dosen M. Yusuf Romdoni S.Kom, M.Ti. pada salah satu mata kuliah di semester 3.

DAFTAR ASSIGNMENTS
No Nama Assignments Link
1 Membuat Re-SKUP-Dina Nur Baetti Disini
2 Pengalaman berhasilnya masuk ke iLearning Disini
3 Pengenalan IP Address dan bagaimana cara pengelompokkannya Disini
4 IOT (Internet Of Things) Disini
5 Jaringan Komputer Disini

Mungkin itu saya penjelasan dari saya kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum Wr.Wb

By

Re-Keaktifan 3 Faizd Achmad Fauzi

Assalamualaikum Wr Wb.

Perkenalkan saya Faizd achmad fauzi dari Fakultas ilmu komputer jurusan Manajemen informatika.  Sehubungan tugas yang diberikan yaitu pada mata kuliah Jaringan Komputer .saya akan sedikit mengulas kembali pembahasan materi  Mengenai Perkembangan Jaringan komputer yang diberikan oleh bapak Yusuf Romdoni S.Kom. M.T. Pada saat itu saya tidak bisa mengikuti Materi tersebut yang dilakukan melalui offsite class yang berlangsubg pada 3 oktober 2017 dikarenakan saya terlambat mendaftarkan diri ke Idu raharja.

Oke langsung saja.

Perkembangan jaringan komputer, sebelum mengetahui bagaimana sih perkembangaan jaringan komputer,  ada baiknya mengetahui dulu apa sih jaringan komputer itu ?

Jaringan komputer adalah Jaringan dalam hal telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer dapat saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya , setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberika layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut dengan Client dan yang menyediakan layanan adalah Server. hal ini bisa disebut dengan sistem client server.

Ketika dua buah komputer yang masing masing memilik Network Card, di hubungkan dengan kabel ataupun nirkabel sebagai medium transmisi data dan terdapat perangkat sistem operasi jarikan melalui kabel akan membentuk sebuah jaringan komputer sederhana.

Pada gambar di atas adalah ilustrasi dari sebuah jaringan sederhana komputer . karena tujuan jaringan komputer adalah menghubungkan antar komputer dengan komputer lain, atau perangkat dengan perangkat lain. apabila ingin menghubungan jaringan komputer menjadi ruanglingkupnya luas maka diperlukan perangkat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch. Router , Gateway  untuk perangkat interkoneksinya.

Perkembangan Jaringan komputer

Tahun 1940-an

jaringan komputer berkembang pertama kali oleh amerika pada era perang dunia kedua yaitu tepatnya pada tahun 1940-an.  Pengembangan ini dicetuskan oleh grup riset yang berasal dari harvard university yang dipimpin oleb Prof.H.Aiken meskipun masih berupa konsep jaringan yang dikembangkan di sebuah laboratoriam yang mengembangkan komputer Model i.

Pada awalnya proyek ini ingin memanfaatkan penggunaan kompueter secara bersamaan agar bisa mengerjakan banyak proses dalam satu waktu saja. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah Batch Processing. Dengan menggunakan konsep ini, maka lebih dari satu pekerjaan bisa dilakukan secara sekaligus.

Tahun 1950-an

Pada tahun 1950-an Konsep Jaringan komputer dikembangkan lebih lanjut. konsep baru ini dikenal dengan istilah TSS atau Time Sharing system. Konsep ini memungkinkan satu komputer ditetapkan menjadi server atau pusat yang dapat mengkontrol segala kegiatan dari beberapa workstation dalam waktu yang bersamaan

Kelebihan dari sistem TSS pada masa ini adalah :

  • Menjadi cikal bakal pengembangan dari konsep jaringan komputer secara penuh
  • Dapat mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu dengan beberapa station atau terminal
  • Mulai dapat menggabungkan antara sistem komunikasi dengan sistem komputer
  • Mempermudah pekerjaan pada masa itu

Namun demikian, terdapat pula beberapa kekurangan dari sistem ini, antara lain :

  • kecepatan transfer data yang masih lambat
  • Kapasitas data yang sedikit dari komputer host atau server
  • Spesifikasi server atau host yang masih rendah

Berangkat dari keberhasilan penggunaan TSS dan juga kelemahannya, maka banyak peneliti yang kemudian ingin mngembangkan konsep jaringan komputer agar menjadi lebih baik dan juga sempurna lagi. Maka dari itu, perkembangan jaringan komputer akan terus berjalan

Tahun 1970-an

Kelebihan dari sistem ini adalah :

  • Mengurangi biaya produksi
  • Pendistribusian data antar jaringan menjadi lebih cepat

Namun demikian salah satu kekurangan dari sistem ini adalah kemampuan dari komputer host dan juga server yang masih kurang, sehingga tidak bisa mendukung banyak data.

Beberapa pengebanggan dari jaringan komputer yang dilakukan oleh para ahli pada tahun 1970 :

Roy Tomlinson : 1970-an 

Pada tahun ini pengembangan Email mulai dilakukan

pada era 1970-an, seorang bernama Roy Tomlinson mengembangkan suatu sistem surat elektronik yang kita kenal hingga saat ini sebagai istilah email. Pada saat itu, jaringan komputer sudah mulai berkembang pesat, dan sistem surat elektronik yang disajikan untuk jaringan APARNET mulai populer dan juga banyak digunakan. Dengan begitu, setiap orang bisa berkirim surat secara elektronik hanya dengan menggunakan jaringan komputer saja. Kelebihan dari konsep surat elektronik yang pertama ini tentu saja dapat memudahkan kompunikasi antar individu dengan mudah, karena hanya digunakan dengan menggunakan jaringan komputer saja, tanpa perlu menggunakan pos. Sehingga dari segi waktu, akan jauh lebih efisien.

Vinton Cerf dan Bob Khan : 1973

pada tahun ini istilah Internet mulai di pakai

Pada tahun 1973, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin luas lagi. Adalah dua ilmuwan, yang bernama Vinton Cerf dan juga Bob Kahn mengusulkan suatu sistem jaringan komputer yang sangat luas dan juga terdistribusi secara mendunia, yang dikenal dengan istilah international network atau yang saat in iita kenal dengan istilah internet. Gagasan ini yang kemudian pada tahun 80-an menjadi salah satu jaringan komputer yang booming dan membesar, sehingga banyak digunakan oleh masyarakat dunia, dan bertahan hingga saat ini.

Xerox Development : 1976

Pada tahun ini Ethernet Card mulai dikembangkan

Pada tahun 1976, sebuah hardware yang diciptakan dan juga dikembangkan oleh xerox, yaitu Ethernet Card diresmikan menjadi sebuah protokol standar dalam jaringan lokal atau LAN. Dengan adanya ethernet card, maka setiap komputer bisa terhubung ke dalam suatu jaringan dengan mudah, terutama jaringan peer to peer LAN, dimana dua komputer bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel

Tahun 1980-an

Setelah 40 tahun berlalu pengembangan jaringan komputer mulaai gencar dilakukan di seluruh dunia. Banyak perkembangan yang sangat maju pada tahun ini seperti menambahkan banyak fitur yang terdapat di internet , hingga mulai muncul teknologi Wireless dalam pengembangan jaringan komputer.

Selain itu beberapa ahli didunia mengembangkan sebuah fitur baru dalam hal jaringan komputer ini di antaranya :

1982 – TCP / IP

Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol dalam jaringan internet, yang dikenal dengan nama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol, yang tentu saja saat ini sudah sangat akrab degnan kita, yaitu TCP/IP. TCP/IP ini merupakan kompensasi dari banyaknya jumlah komputer yang terhubung ke dalam jaringan luas komputer, sehingga dibutuhkan suatu standar protokol tertentu yang dapat diterima oleh semua komputer yang ingin terhubung ke dalam jaringan komputer. Dari situlah, kemudian TCP/IP diciptakan dan masih digunakan hingga saat ini. Tidak hanya TCP/IP. di Eropa juga terdapat protokol internet lainnya, yang kala itu menyediakan layanan surat elektronik, yaitu EUNET.

1984 – DNS

Pada tahun 1984, penggunaan DNS atau Domain Name System mulai digunakan. Hal ini untuk membantu memilah alamat – alamat website yang tergabung pada wilayah – wilayah tertentu agar menjadi lebih mdah untuk dikenali dan juga mudah untuk diakses. Hingga tahun 1987, diketahui bahwa jumlah komputer yang saling terhubung ke dalam jaringan internet yang luas sudah mencapai jumlah 10000 komputer lebih. Sebuah penggunaan yang cukup banyak, mengingat teknologi jaringan ini merupakan sebuah teknologi yang baru.

Pada era 80-an juga, sebuah teknologi jaringan dipatenkan dan bisa digunakan secara umum. Teknologi tersebut adalah teknologi WiFi atau Wireless fidelity. Teknologi yang dikembangkan oleh IBM ini pada awalnya diperuntukkan untuk mempermudah koneksi LAN agar tidak menggunakan kabel dengan memanfaatkan gelombang infra merah. Namun demikian, pada awalnya teknologi Wireless ini tidak berjalan dengan baik, sehingga ditunda peluncurannya selama beberapa tahun, dan baru pada era 80-an ini, tepatnya tahun 80 akhir dan awal 90, teknologi WiFi mulai dipatenkan dan juga diperkenalkan ke kalangan masyarakat luas.

1988 Jarkko Oikarinen IRC

Masih dari era 80-an, tepatnya kira kira pada tahun 1988, seorang ilmuwan dan pengembang asal Finlandia, yaitu Jarkko Oikarinen mengembangkan dan juga menciptakan suatu sistem Internet Relay Chat. Dengan adanya sistem IRC ini, maka dimungkinkan untuk semua komputer yang sudah masuk ke dalam jaringan internet dapat melakukan chatting dan mengobrol dengan cara mengetik. Hal ini merupakan suatu terobosan yang sangat besar, karena itu hal ini membuat penggunaan komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan melonjak menjadi hampir 100000 komputer yang terhubung ke dalam jaringan.

Tahun 1990-an

perkembangan Browser internet dimulai

Pada tahun 1990an merupakan era perkembangan yang paling pesat dari jaringan komputer. Pada era ini Browser – Browser untuk mempermudah mengakses internet. Browser pertama yang dikembangkan adalah Mosaic  pada tahun 1993. selain itu pada era ini banyak berkembang situs situs seperti Yahoo dan lain lain. pada tahun ini juga kegiatan E-Commerce dimulai.

Awal tahun 1990 sendiri merupakan kelahiran dari www atau world wide web, yang merupakan sebuah program yang memungkinkan agar sebuah komputer dapat saling menjelajahi dan terhubung ke dalam jaringan internasional, yang pastinya sudah kita ketahui hingga saat ini.

Secara umum, perkembangan jaringan komputer pada era 1990-an memiliki banyak kelebihan, seperti :

  • Mendukung konsep jual beli online dengan e-retail
  • Merupakan era dimana banyak website mulai berkembang dan bermanfaat bagi manusia
  • Mempermudah komunikasi antar user di seluruh belahan dunia
  • Bagi para ilmuwan dan ahli komputer, perkembangan jaringan pada era 1990an merupakan salah satu dasar pertimbangan untuk membuat pengembangan jaringan lebih lanjutlagi

Namun demikian, sepertinya teknnologi jaringan pada era 1990an masih mengalami beberapa kendala, terutama untuk jaringan internet yang luas, seperti :

  • Harga komputer yang masih mahal, sehingga tidak semua orang bisa memiliki komputer dan menikmati penggunaan jaringan internet
  • Masih sedikit provider yang mampu menyediakan kebutuhan untuk melakukan koneksi ke dalam internet
  • Meskipun sudah diperkenalkan ke masyarakat umum sejak era 80-an hingga 90-an, namun teknologi jaringan komputer, seperti internet masih merupakan teknologi yang sangat baru, sehingga masih banyak masyarakat umum yang belum memahami dan mengerti fungsi – fungsi dari jaringan komputer.
  • Kecepatan koneksi yang masih lambat

Perkembangan Jaringan Komputer Saat ini

Apabila dibandingkan dengan era 1990-an, maka sudah pasti perkembangan jaringan komputer saat ini sudah jauh lebih maju. Hal ini terlihat dari banyak indikaor, seperti :

  • Penggunaan jaringan secara umum pada institusi dan perusahaan (biasanya menggunakan jaringan LAN atau jaringan lokal untuk saling berkomunikasi)
  • Banyaknya ISP yang menjamur untuk menyediakan layanan koneksi internet
  • Berkembangnya software – software serta berbagai macam hardware yang dapat dengan mudah melakukan koneksi ke dalam internet.
  • Biaya internet yang relatif lebih murah
  • Perkembangan dari GUI atau graphic user interface, yang memudahkan user untuk terhubung ke dalam jaringan komputer
  • Biaya produksi komputer yang sudah tidak semahal pada masa awal – awal diciptakan

Tentu saja jaringan komputer saat ini dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi anda. Dengan adanya jaringan komputer, maka dapat dipastikan anda akan menjadi lebih mudah untuk terkoneksi satu sama lain dengan berbagai user di belahan dunia lain dengan sangat mudah.

 

Dari penjelasan yang di atas dapat di simpulkan bahwasannya Jaringan komputer berkembang sangat pesat hingga saat ini.

Tahun 1940-an  -> Konsep jaringan komputer di temukan

Tahun 1950-an -> Pengembangan dari jaringan komputer sehinggan ditemukan konsep TSS ( Time Sharing System )

Tahun 1970-an -> Dikembangkannya surat elektronik / E-mail , Ditemukannya istilah Internet , Di kembangkannya LAN Card

Tahun 1980-an ->Dikembangkannya beberapa fitur dalam jaringan komputer seperti DNS, TCP / IP

Tahun 1990-an -> Pengembangan internet semakin pesat dengan di kembangkannya Browser untuk mempermudah mengakses internet, Dimulainya pemanfaatan internet dengan dikembangan E-commerce

Tahun 2000-an -> Berkembang pesat nya sebuah jaringan internet di era ini . seperti mulai banyak ISP , pemanfaatan internet yang semakin banyak dan luas dan lainnya.

 

Yaph, itu dia Perkembangan jaringan komputer atau bisa disebut dengan istilah internet. cukup sekian penjelasannya,

Demikianlah artikel mengenai perkembangan dari jaringan komputer. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.

 

Assalamualaikum wr,wb

 

 

 

By

Network Enginer

Assalamu’alaikum wr.wb

Selamat siang ledits and jentelment?

Di sini saya akan menjelaskan apa itu Network Enginer serta menyampaikan bagaimana jika saya menjadi Network Enginer?

Network Engineer  adalah nama sebuah pekerjaan (profesi) yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi maupun perusahaan. Network Engineer akan dianggap berhasil ketika Jaringan yang dikelolanya dapat berfungsi dengan baik dan bisa di akses oleh user. 

Apa yang saya lakukan jika saya menjadi seorang Networek Enginer?

Oke saya akan menjawab pertanyaan di atas!

Jika Allah memberikan pekerjaan saya sebagai Network Enginer maka saya akan melakukan tugas dengan sebaik – baiknya yakni mengelola jaringan agar dapat digunakan dengan baik serta menjadikan jaringan lebih canggih yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja tidak kenal cuaca buruk, jaringan akan tetap bisa di akses dengan baik.

Mungkin itu saja sedikit paparan dari saya mengenai Network Enginer, mungkin lain waktu saya akan membagi sedikitbcerita yang insya Allah bermanfaat bagi kita semua kecuali yang tidak membaca cerita dari saya pasti tidak dapat manfaatnya hehehe. 

Sekian terimakasih, wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb

 

 

Read More

By

Network Engineer

Image
Jika saya menjadi seorang NETWORK ENGINEERmungkin saya akan melakukan apa yang semestinya seorang network enginer kerjakan seperti mengelola jaringan agar stabil,baik dan dapat diakses oleh user dan mendukung tujuan perusahaan tersebut.

Lebih spesifiknya adalah

1.MELAKUKAN MONITORING

Misalnya apakah ada traffik yang aneh?, kenapa di grafik ini ada peningkatan traffik yang tiba2 pada jam 11 malam? kita sebagai network engineer harus memantaunya.

2.MENYELESAIKAN TROUBLESHOOTING

Jika ada user yang komplain tidak bisa mengakses wifi, maka saya akan mengecek kenapa user ini tidak dapat mengakses wifi? apakah ada problem di network, atau komputer dia yang error.

3.MENGAPLIKASIKAN KEAMANAN JARINGAN

Misal membuat aturan firewall  ( memblok akses ke network tertentu, website tertentu, dll )

3.MEMBUAT TOPOLOGI JARINGAN

Untuk memudahkan pada saat troubleshooting  misal alokasi IP address, VLAN, routing, dll

 

 

Mungkin hanya itu yang akan saya lakukan, sebenarnya masih banyak lagi yang harus dilakukan seorang network engineer supaya bisa dipercaya dalam melakukan pekerjaan nya oleh perusahaan nya.

♦♦Sekian dan terima kasih♦♦.